Apa yang terlintas dalam benak kita semua ketika mendengar nama Sumatera Selatan. Sudah pasti, ketika mengingat nama wilayah dengan ikon bangunan Jembatan Ampera ini kita akan menyebut beberapa kata seperti: Peradaban Sriwijaya, pempek Palembang, gunung dempo, situs megalitikum di pagar alam, bukit Siguntang dan banyak tempat lainnya yang menjadi objek wisata. Namun, belum banyak yang tahu bahwa provinsi yang berbatasan dengan Lampung, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung ini memiliki pulau eksotik di kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).


Setelah menempuh 98 km dari kota Palembang menuju pelabuhan speed di kecamatan Tulung Selapan, pemandangan pemukiman di atas sungai dan hutan mangrove terluas di Asia Tenggara bisa kita nikmati selama dua jam perjalanan. Menyusuri sungai yang menghubungkan daratan dengan perairan samudera hindia semakin terasa seru ketika speedboat yang membawa kita membelah sungai bertemu dengan ayunan ombak dan gugusan pulau berbukit di atas lautan.


Batuan larva yang membeku di ujung pulau menjadi pemandangan yang eksotik ketika ujung perahu kita tiba di dermaga. Begitu juga dengan tarian ilalang di bukit pandu, menggoda kita untuk segera mendaki dan menikmati pemandangan matahari terbit ataupun terbenam dari atas ketinggian.
Begitu menjejakkan kaki di atas pasir, spot-spot menarik sudah menanti kita untuk berpetualang. Mulai dari keindahan bawah laut, eksotiknya bebatuan larva yang menghitam, dan liukan pantai yang membelah tiga arus samudera. Semuanya menjadi tempat yang mengasyikkan untuk diabadikan.
Kita juga tidak perlu khawatir untuk berlama-lama di pulau Maspari. Selain ketersediaan air tawar yang berlimpah, fasilitas pendukung seperti kamar mandi dan toilet sudah sangat memadai. Bagi yang ingin menikmati sensasi petualangan, kita dapat mendirikan tenda. Bagi yang ingin nyaman bersama keluarga, bangunan dengan fasilitas tempat tidur dan kamar mandi di dalam bisa menjadi pilihan. Jadi, kita tidak perlu khawatir seandainya ingin berlama-lama menikmati petualangan di tempat yang menjadi saksi sejarah pelayaran Laksamana Cheng Ho ini.


Dokumentasi yang diabadikan peserta kegiatan Kemah Bakti dan Bela Negara di Pulau Maspari pada tanggal 4 s/d 8 Oktober 2021 akan membuat kita sepakat, bahwa ada kepingan surga di selatan Sumatera.


#catatansangpandu #pulaumaspari #oki #sumateraselatan

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.